Jumat, 27 November 2015

SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

NAMA      : RAHMALIA PUTRI
KELAS      : 3DA01
NPM         : 47213170

BAB2
SISTEM INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Model Sistem Umum Perusahaan
Model sistem umum perusahaan terdiri dari:
  1. Aliran sumber daya fisik
  2. Aliran sumber daya virtual
  3. Mekanisme pengendalian perusahaan
  4. Lingkaran umpan balik
·         Aliran sumber daya fisik
Meliputi pegawai, bahan baku, mesin dan uang, yang mana dari semua itu akan dijadikan input, kemudian di proses menjadi output yang akan di jual kepada orang lain.

·         Aliran sumber daya virtual
Aliran dari sumber daya virtual-data, informasi, dan informasi dalam bentuk keputusan.

Mekanisme pengendalian perusahaan
Mekanisme pengendalian perusahaan terdiri dari beberapa unsur, yaitu :
       Standar kinerja yang harus di penuhi oleh perusahaan jika ia ingin mencapai tujuan secara keseluruhan
       Manajemen perusahaan
       Suatu pemrosesan informasi yang mengubah data menjadi informasi.

Lingkaran umpan balik
lingkaran umpan balik (feedback loop) terdiri atas sumber-sumber daya virtual, data dikumpulkan dari perusahaan, dan dari lingkungan lalu dimasukan kedalam pemroses informasi.

Perusahaan di dalam Lingkungan
“Sebuah perusahaan tercipta atas dasar tujuan untuk memberikan produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan lingkungannya. Sebuah perusahaan tidak akan dapat berfungsi tanpa sumber daya yang diberikan oleh lingkungannya. Lingkungan ini dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Lingkungan juga memiliki delapan unsur yang terdapat di dalam suatu sistem yang lebih besar yang disebut masyarakat.”

Aliran sumber daya lingkungan
Aliran yang umum teradi
       Aliran informasi dari pelanggan
       Aliran bahan baku kepada pelanggan
       Aliran uang kepada pemegang saham
       Aliran bahan baku dari pemasok

Aliran yang jarang terjadi
       Aliran uang dari pemerintah
       Aliran bahan baku kepada pemasok
       Aliran pegawai kepada pesaing

1.  Manajemen Rantai Pasokan
“Jalur  yang  memfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan melanjuktan  kepada pelanggan. aliran sumber daya melalui rantai pasokan  harus dikelola untuk memastikan bahwa aliran  tersebut terjadi  dengan cara yang  tepat waktu dan efesien”

Tantangan dalam Mengembangkan Sistem Informasi Global
       Sistem Informasi Global (global information system-GIS) diberikan untuk suatu sistem informasi yang terdiri atas beberapa jaringan yang melintasi batas negara.
       Beberapa kendala yang harus diatasi pengembangan GIS :
      Kendala-kendala politisi
      Rintangan Budaya dan Komunikasi
      Masalah-masalah teknologi
      Kurangnya dukungan dari manajemen anak perusahaan

2.  Manajemen pengetahuan
“ Semua Aktivitas dari mengakuisisi data , memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif  serta mengahapus informasi pada waktu yang tepat “

3.  Manajemen Gambar
Terdapat peranti lunak komputer khusus yang akan menerjemahkan gambar data teks dan numerik menjadi sebuah file  pengolah data. Foto-foto digital dari cetakan dapat disimpan sebgai file-file komputer yang dapat dijadikan referensi oleh sistem informasi perusahaan saat ini.
Peranan gambar telah meluas dengan munculnya situs-situs web. Situs web yang yang efektif akan sangat visual misalnya, untuk foto logo perusahaan, produk, karyawan, dan gambar-gambar lain yang akan membantu pengguna menavigasi situs web tertentu
Gambar-gambar membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar dari data teks dan numerik.  Perusahaan akan memerlukan format gambar yang konsisten sehingga seluruh aplikasi dalam perusahaan tersebut dapat memanfaatkan gambar yang ada.

Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya Informasi
Pengembangan rencana strategis secara paralel bagi layanan informasi dan perusahaan sehingga rencana perusahaan akan mencerminkan dukungan yang akan diberikan oleh layanan informasi. Rencana layanan informasi akan mencerminkan permintaan dukungan sistem di masa mendatang.

Perencanaan strategis untuk perusahaan
Perusahaan mengorganisasikan para eksekutifnya ke dalam suatu komite eksekutif, kelompok ini biasanya akan bertanggung jawab atas perencanaan strategis bagi keseluruhan perusahaan.
Pada tingkat yang minimum, komite ini akan menentukan rencana bisnis strategis organisasi.

Rencana-rencana strategis untuk daerah bisnis
Sebuah perusahaan memiliki komitmen pada perencanaan strategis
Perusahaan melihat adanya kebutuhan bagi masing-masing area bisnis untuk mengembangkan rencana strategisnya. Yang mana area-area bisnis harus bekerja sama dalam mengembangkan rencana strategisnya. Rencana area bisnis ini akan merinci bagaimana area-area tersebut akan mendukung setiap usaha yang dilakukan dalam mencapai sasaran strategisnya.

Referensi :


  • Management Information systems karya Raymond Mcleod,Jr. George P. Schell Edisi 10








0 komentar:

Posting Komentar

 

Rahmalia putri Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang